Sabtu, 29 Januari 2011

Pengenalan Batuan Sedimen





Prinsip yang mendasari untuk memahami segala sesuatu geologi adalah:
Mineral dan batuan yang stabil hanya di bawah kondisi di mana mereka membentuk.Mengubah kondisi dan batuan akan berubah untuk beradaptasi dengan kondisi baru.Prinsipnya adalah jelas jika kita menaikkan suhu beberapa ribu derajat; batu mencair dan membentuk magma (batuan cair), yang kemudian mendingin dan mengkristal untuk membentuk batuan beku. Ini dan lainnya proses transformasi adalah alasan untuk Siklus Rock, mengatakan semua batuan dapat diubah menjadi batuan (Rock Cycle Diskusi).Prinsip kerjanya sama pastinya, meskipun, jika kita mengubah kondisi ke arah lain. Misalnya, batu ke kanan adalah granit, batuan beku yang mengkristal dari magma umumnya antara 1000 dan 500 derajat F dalam batolit besar di bawah tanah. Granit sulit, indah, dan nampaknya sangat tahan lama, dan batu bangunan disukai karena alasan ini.Namun, jika granit yang tertinggal keluar, meletakkan di tanah, maka akan terurai (cuaca) menjadi sesuatu yang baru yang stabil dalam kondisi permukaan bumi, dan akan melakukan hal ini sama pastinya karena akan meleleh jika kita menaikkan suhu cukup tinggi . Tentu saja, jika anda menunggu untuk ini terjadi Anda akan menunggu lama, menurut standar manusia. Tetapi dalam waktu singkat geologi, beberapa puluhan atau ratusan ribu tahun, granit akan mengubah menjadi mineral stabil pada, dalam kesetimbangan dengan, kondisi di permukaan bumi.Sebagai contoh, tiga gambar di bawah ini adalah dari granit berbutir kasar dengan felspar orthoclase pink (mirip, tetapi tidak spesimen yang sama seperti di atas kanan). Mereka semua berasal dari lokasi yang sama. Klik pada gambar untuk gambar yang lebih besar, atau lihat contoh lain.Sampel di sebelah bawah adalah salah satu yang hampir murni, dengan sedikit pelapukan. Perhatikan pink orthoclase, amphibole hitam, dan Kuarsa gelas jelas.Semua ini sulit, mineral tahan lama, cerah dan mengkilap. Catatan terutama warna bayimu dari orthoclase tersebut.

Di bawah Ini gambar kedua adalah granit yang sama, tapi satu yang sudah mulai cuaca; perhatikan bagaimana kilauan orthoclase telah menjadi kusam, dan warna sudah mulai memudar.
Pada gambar ketiga granit telah hancur menjadi tumpukan membusuk mineral beku, dan produk pelapukan mereka - tanah liat, dan mineral sedimen baru. bahan cuaca tersebut grus, dan umumnya ditemukan di dasar lereng granit.Segera akan dijemput oleh hujan, sungai, dan sungai, dan mulai itu perjalanan ke laut, dan diendapkan menjadi batuan sedimen.






Untuk memahami batuan sedimen kita perlu suatu model yang strip batuan sedimen ke saripati mereka - yaitu, hal-hal yang paling dasarnya benar dan diperlukan tentang batuan sedimen, tanpa ada rincian - model, sederhana ideal.

Model Ideal Wikipedia Untuk Memahami Rocks sedimen

Kunci untuk memahami batuan sedimen adalah untuk menyadari bahwa semua proses sedimentasi dan pelapukan, transportasi, dan deposisi ditujukan pada satu tujuan - mencapai tiga
produk akhir dari semua proses sedimentasi, pasir kuarsa, serpih (lempung), dan batu kapur
(CaCO3) . Ide pusat diringkas dalam SIMPLE, IDEAL MODEL. {Full Page Html Version; Pdf Versi untuk dicetak} (Apa Pdf?)

























































Batu pasir kuarsa Shelf serpih

Batu kapur dengan fosil
OBSERVASI: Sebuah sumber kebingungan adalah beralih dari nama-nama mineral untuk batu nama. Clay adalah mineral yang membentuk dari pelapukan feldspar seperti orthoclase. Clay sangat berbutir halus, itu adalah lumpur di sepatu Anda, atau lumpur (ditangguhkan tanah liat) di sungai atau kolam. Ketika tanah liat dititipkan menjadi batuan serpihKalsit merupakan mineral
dengan
belahan dada rombohedral yang bereaksi dengan asam klorida encer. Sebagai mineral sedimen itu ada baik sebagai micrite ("lumpur kapur", yaitu sebagai berbutir halus tanah liat) atau potongan besar seperti kerangka binatang. Ini bersama-sama membentuk batuan kapur.
pasir kuarsa merupakan, atau kursus, hanya pasir kuarsa. Hal ini dirilis sebagai butir dari batuan induk oleh pelapukan, dan setelah itu sedikit berubah.
Bayangkan sebuah batuan beku rata-rata benua, granodiorit, seperti yang di kanan (klik gambar untuk memperbesar). Mengandung kuarsa, dan felspar, dan mineral mafik, sampling wakil dari Delapan Rock Forming Mineral dalam batuan beku.
Sekarang bayangkan kita akan lakukan setiap proses sedimen dengan batu bahwa adalah mungkin untuk dilakukan, termasuk pelapukan lengkap, dan lengkap transportasi, sortasi dan deposisi. Hasilnya selalu sama - batupasir kuarsa, serpih, dan kapur terpisah satu sama lain dalam lingkungan pengendapan yang berbeda: pantai, dekat rak, dan jauh diri.
Model Proses. sistem pengendapan bekerja dengan cara ini karena dua proses.
Pelapukan: Pelapukan adalah rincian dari satu mineral / batu ke lain. Dari Delapan beku Rock Forming Mineral semua mengalami degradasi (pelapukan menjadi sesuatu yang lain), kecuali kuarsa. Kuarsa, untuk semua maksud dan tujuan, cuaca dan tidak akan bertahan dalam sistem
yang
relatif tanpa cedera.
Batu tujuh tersisa membentuk mineral semua larut untuk membuat asin laut, atau membusuk membentuk mineral baru yang stabil di permukaan bumi. Orthoclase, misalnya, memecah membentuk tanah liat, dan kalsium dalam Plagioklas Ca masuk ke dalam solusi untuk membentuk CaCO3.

Ada banyak produk pelapukan lainnya, tentu saja, tapi mereka hanya rincian. Model, sederhana ideal memprediksi produk akhir tiga, pasir kuarsa, serpih, dan kapur, yang semuanya bersama-sama menyusun sebagian besar batuan sedimen.



TRANSPORTASI DAN Sorting:
Proses kedua adalah sortasi selama transportasi.Pasir dan tanah liat, dimulai sebagai campuran buruk disortir, dipisahkan lebih dan lebih sebagai mereka
melakukan perjalanan menyusuri sungai jauh dari sumber.pasir kuarsa, yang gulungan dan mental di sepanjang bagian bawah, transportasi tidak semudah tanah liat yang bergerak dalam suspensi. Dan CaCO3
yang dibubarkan dan karena itu hanya perjalanan dengan air.Hasilnya adalah, selama transportasi ketiga produk pelapukan transportasi tidak sama baiknya, dan menjadi terpisah. Pemisahan terakhir berlangsung di garis pantai laut (gambar ke kanan). Di sini kita melihat sungai sedimen diangkut memasuki laut.Menerjang ombak di pantai tetap sedimen terus bergolak. kuarsa, yang relatif berat, menyelesaikan dengan ce
pat ke bawah, tanah liat tetap dalam suspensi sampai melayang untuk tenang di dekat rak, di mana jika akhirnya mengendap ke bawah untuk membentuk serpih.







Akhirnya, CaCO3 terlarut presipitat keluar dari suspensi di rak jauh, di luar jangkauan pasir dan tanah liat untuk membentuk batu gamping. kalsit ini disimpan karena tanaman dan hewan ekstrak dari air laut dan menggunakannya untuk membangun kerangka mereka. Setelah kematian kerangka kalsit mereka membentuk sedimen batu gamping.

Sedimen attractor
.
Sebuah atraktor adalah setiap negara terhadap sistem yang berkembang secara alami.

Seseorang yang adalah orang yang menarik (deng
an temperamen serta fisik) adalah suatu attractor terhadap siapa kita alami ditarik. Biologi kebugaran merupakan penarik ke arah yang spesies berevolusi. Sebuah lembah yang mengelilingi sebuah lanskap perbukitan adalah sebuah penarik. Sebuah bola ditempatkan di manapun di lanskap akan gulung menuruni bukit menuju lembah.Tidak masalah dimana bola mulai atau seberapa cepat bergulir, akhirnya berakhir di
bagian bawah lembah - penarik tersebut. (Attractor ini sebenarnya gravitasi karena jika bola itu druthers, dan kesempatan, itu akan jatuh ke pusat bumi, pusat gravitasi.)Dalam model sedimen batupasir kuarsa, serpih, dan kapur dapat dianggap sebagai "attractor." Semua proses dalam sistem sedimen yang "tertarik" untuk ketiga produk akhir. Dan ini adalah benar terlepas dari apa yang Anda mulai dengan.
Model, sederhana yang ideal dimulai dengan granodiorit, tapi setiap batuan induk memiliki tiga attractor yang sama, dan ini benar bahkan jika komponen untuk membuat salah satu attractor tidak hadir dalam batuan induk. Sebagai contoh, sebuah batu sumber dengan kuarsa tidak ada tidak dapat menghasilkan endapan dengan kuarsa, tapi itu tidak mengambil dari kenyataan bahwa kuarsa merupakan pemikat dalam sistem.

Batupasir Jatuh Tempo

Studi Batupasir sangat penting, bukan hanya karena batupasir yang umum, tetapi juga karena mereka mengandung banyak informasi. Di dekat batu pasir sourceland banyak mengandung mineral tidak lengkap lapuk dan fragmen batuan. Lebih pasir mengangkut lebih komponen lapuk berubah menjadi tanah liat dan mineral terlarut (misalnya kalsit), meninggalkan kuarsa lebih dan lebih sebagai sisanya saja, unweathered butiran pasir. Pada akhirnya, kemudian, semua batu membentuk mineral berubah menjadi mineral sedimen lain, kecuali kuarsa.
Batupasir komposisi demikian ukuran seberapa dekat batu pasir telah sampai pada attractor kuarsa - produk akhir dari model yang ideal sederhana. Ini mengarah pada konsep jatuh tempo.

JATUH TEMPO - ukuran relatif luas dan menyeluruh bagaimana suatu sedimen (pasir ukuran dan yang lebih besar) telah dimakan cuaca, diangkut dan ulang terhadap produk akhir akhir nya, pasir kuarsa.


Definisi jatuh tempo membuat jelas bahwa kepentingan kami di batuan sedimen adalah dalam evolusi mereka, dan akhirnya kita ingin membuat klasifikasi yang memungkinkan kita untuk menjelajahi evolusi itu. Model sederhana yang ideal dapat dicapai, namun hanya di daerah yang secara tektonik stabil (tektonik ada hubungannya dengan gerakan bumi, dan struktur yang hasil). Sebagai contoh, Tahap A dan Tahap I Siklus Wilson. Model ideal yang sederhana adalah apa stabilitas tektonik memberi Anda, dan adalah satu-satunya tempat yang batugamping disimpan.
Tapi stabilitas tektonik membosankan. Sebagian besar batuan sedimen klastik (yaitu batupasir dan serpih), mulai sejarah mereka di daerah ketidakstabilan tektonik, daerah bangunan pegunungan, seperti Tahap E atau F Tahap Siklus Wilson.

Dengan demikian, mencapai tiga attractor sedimen dari model yang ideal sederhana adalah tidak mudah, dan batupasir benar-benar matang yang tidak umum.Untuk lebih memahami batuan sedimen kita harus memeriksa secara lebih rinci setiap proses pelapukan, dan transportasi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk perbaikan blog dimohon untuk meninggalkan pesan dibawah ini

 

My Blog List

Site Info

Abc
DESA KERTAHAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template