Minggu, 02 Maret 2014

Wisata AIR PANAS - Cikupa Pamarican

Objek wisata Cipanas Geger Bentang (Gerben) berada di Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Keunikan objek wisata ini yakni berada di kaki gunung dan dikelilingi oleh pesawahan. Namun di balik itu, menyeruak sumber mata air panas.
Namun sayangnya, keberadaannya jauh dari akses jalan raya Banjarsari serta masih minim angkutan. Yakni di Dusun Mekarsari Desa Cikupa Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Padahal para pengujung yang menggunakan motor, baik perseorangan maupun berkelompok, kerap mengunjunginya hampir di setiap hari-hari libur. Terutama para pengunjung dari daerah sekitar Ciamis Selatan.

Pengunjung obyek wisata air panas Gerben bermacam-macam, ada

yang hanya ingin melihat keindahan obyek wisata ini, ada juga yang ingin mencoba khasiat air panas yang konon oleh warga sekitar kerap digunakan untuk pengobatan. Seperti penyakit kulit, rheumatik, encok, badan lemah dan sebagainya.

Keindahan lain yang juga dimiliki Gerben, selain memiliki kawasan pesawahan, tepat di tengah kawasan yang ditetapkan sebagai kawasan wisata seluas dua hektar itu terdapat Sungai Cihideung yang selalu mengalir terus, meski musim kemarau. Sungai itu dipercaya menjadi tempat pembuangan berbagai penyakit dari beberapa tempat di Gerben. Terlebih, saat cuaca cerah, air yang mengalir di sepanjang sungai itu selalu memantulkan warna hitam karena bebatuan yang ada di dalamnya.

Dari sekian banyak potensi yang ada, tempat yang selalu diburu pengunjung yaitu Pemandian Tujuh Pancuran Air Panas dan Curug Panganten. Konon menurut cerita para leluhur warga sekitar, bila ada calon pengantin mandi pada malam Jumat Kliwon, maka akan terlihat lebih cantik maupun ganteng. Serta bagi pemuda-pemudi yang masih sendiri, bila mandi di Curug Panganten ini akan mudah mendapatkan jodoh.

Sedangkan Curug Batu Ampar, menurut cerita cocok untuk tempat belajar ilmu beladiri. Bila belajar di tempat ini akan bertambah ilmu kesaktiannya serta akan diberikan kekebalan tubuh. Dan untuk meyakinkannya, pengunjung bisa memastikan telah mendapatkan kekuatan melalui keberadaan Batu Pamangkon yang berada di dalam situs. Batu yang secara kasat mata memiliki bobot 15 kg, namun saat diangkat oleh seseorang bakal bertambah bobotnya.

“Jika keinginannya akan terlaksana, mereka yang datang pasti bisa mengangkat batu lonjong yang hanya seberat 15 kilogram itu. Tapi sayangnya, sekuat tenaga pun batu itu tidak bisa terangkat,” ujar Turman alias Sentul, kuncen Air Panas Geger Bentang.

Lanjutnya, sedangkan khasiat Pancuran Tujuh, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit akut. Dari mulai penyakit kulit, hingga penyakit dalam seperti stroke, jantung, ginjal dan gangguan alat reproduksi. “Jika tidak percaya silahkan mencobanya saja. Banyak masyarakat yang sengaja datang yang sudah membuktikannya,” tandas dia






0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk perbaikan blog dimohon untuk meninggalkan pesan dibawah ini

 

My Blog List

Site Info

Abc
DESA KERTAHAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template