Rabu, 25 Juli 2012

Buku Paket Pelajaran Jaman Dahulu

>>>Diambil dari berbagai sumber<<<









  1. Kelas 1 SD sy masih belajar mengeja “i-ni Bu-di, i-ni i-bu Bu-di, i-ni ba-pak Bu-di.. dst” pake buku warna merah terbitan Balai Pustaka (atau P&K yaaaa.. lupa!). Bukunya masih baru, soalnya tahun 1984 itu ada kurikulum baru untuk pendidikan. Kalo ga percaya coba aja liat buku-buku terbitan selanjutnya (yang terbit 80-an juga), pasti di sampulnya ada tulisan “Kurikulum Diperbaharui 1984”. Buku ini dipinjemin dari sekolah, ngga ada jualannya. Padahal waktu SD gue sekolahnya luar negeri alias swasta. Hal yang paling saya inget dari buku-buku pelajaran SD saya dulu adalah buku-buku itu masih bisa dipake sama adek saya, yang jaraknya 3 tahun di bawah saya! Jadi nyokap bokap ngga mahal-mahal ngeluarin duit buat beli buku baru lagi. Ngga kayak sekarang yang tiap tahun bukunya ganti. Menakjubkan, anak-anak SD sekarang belajar baca nya pake metode apa ya? Masih i-ni Bu-di kah? Atau udah ganti jadi  Michael / Fitbull?? :P
  2. Buku-buku tulis waktu SD dibedain jadi buku latihan dan buku ulangan. Sama satu buku tulis wajib yaitu buku untuk menulis halus (bukan menulis indah looh ya..). Tau kaaan menulis halus kayak apa.. itu loh menulis sambung yang harus dibedain mana bagian yang garisnya ditarik tebel, mana yang harus dibikin halus, mana yang harus ditulis sampe batas garis, mana yang cuma setengah… ga ngerti juga nih makna nya disuruh belajar nulis ginian. Orang ngga guna juga buktinya sekarang.. hihihi Dulu semua buku harus disampul coklat sama dikasih plastik diluarnya. Trus ditempelin label nama yang mesti ditulis nama , kelas dan buku untuk pelajaran apa, termasuk juga buku cetaknya. Eh iya, masih ada yang inget buku tipis dengan sampul warna ungu merek AAA? Saya dulu sempet pake tuuuh.. hihihihihi
  3. Karena sekolah di swasta, saya boleh pake sepatu warna-warni kalo ke sekolah. Jaman kelas satu sampe kelas dua, saya suka banget pake sepatu model Vans sekarang tuh yang pake tali, ada gambar-gambar bonekanya. Trus jaman kelas 3 sampe kelas 6, karena sudah mulai tomboy pake sepatu model converse sekarang, tapi tetep warna-warni. Dulu merek yang ada cuma Bata.. hihihi.. Abis itu masuk sepatu mereknya Eagle… Saya juga sempet pake. Abis itu akhir tahun 80-an baru masuk deh yang namanya Nike n Puma…
  4. Waktu SD juga suka pake jam kotak yang model kalkulator. Banyak pencetannya. Ntah kenapa saya kok punya juga.. duuuuh..
  5. Wajib senam SKJ. Beeeeuuuuh.. tiap hari tuh, kecuali senin buat upacara bendera… Pagi-pagi, dua jam pertama khusus buat senam SJK. Dulu syairnya suka kita ganti-ganti… :lol:gerakannya juga suka asal. Hayooooo sapa yang masih inget sama gerakan-gerakan senam SKJ???
  6. Antara kelas dua sampe kelas 3 and pertengahan kelas 4, hobi banget ngumpulin kertas surat (yang warna warni., lucu-lucu n wangi…), beli orang-orangan yang dari kertas yang bajunya bisa diganti-ganti, tergila-gila koleksi Sanrio (Hello Kitty, Little Twin Stars, My Melody, Kerokeropi…).
  7. Tahun 85, sempet ngerasain gerhana Matahari. Saya nungguin dari pagi, udah siap-siap pengen ngeliat pake negatif film photo… hihihihi.. Mana lama banget lagi. Untung sekolah diliburin.
  8. Jaman kelas 5 sampe kelas 6, guru olahraga saya hobi banget nyuruh bikin kliping kalo pas ada event-event olahraga kayak PON, Sea Games, Asean Games, Olympiade.. Ntah kenapa kok ya banyak aja dulu gituh yang namanya event olahraga. Dan ntah kenapa saya selalu bersemangat nonton. Apalagi kalo siaran langsung bulutangkis masih jaman Susi Susanti, Ardi BW de el ele ituh…
  9. Yang paling disebelin dari anak-anak cowok baru gede waktu SD, suka narok rautan bulet warna warni yang dibaliknya ada kacanya – di ujung sepatu mereka, buat ngintip warna underwear anak-anak cewek, abis keliatan mereka teriak deh sekenceng-kencengnya. Gokil!!!
  10. Masih maen tali kalo pas jam istirahat sekolah. Kalo dirumah ma anak-anak tetangga maennya bentengan, trus main loncat-loncat di kotak yang digambar di tanah itu namanya apa ya?. Masih maen congklak sama bola bekel. Anak-anak SD sekarang maennya apa ya? 

1 komentar:

agen sbobet on 20 Februari 2013 01.43 mengatakan...

buku tahun brapa tuh? keliatan dah jadul banget

Poskan Komentar

Untuk perbaikan blog dimohon untuk meninggalkan pesan dibawah ini

 

My Blog List

Site Info

Abc
DESA KERTAHAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template