Kamis, 13 September 2012

Kadaharan Leuweung Nu Geus Langka

Duwet / Jamblang / Juwet



Buah jamblang / duwet / juwet ini, cukup terkenal dengan pohonnya, yang katanya, menjadi sarang kuntilanak . Dibalik semua itu, ternyata buah jamblang rasanya sepet-sepet dan manis. Beberapa bagian tanaman ini juga dipergunakan sebagai bahan obat, tradisional maupun modern. Kulit batang, daun, buah dan bijinya sering kali digunakan sebagai obat kencing manis, diare, dan beberapa penyakit lain.

Lobi Lobi


4756face1fe9a4f53e6f314d8c24d781_lobi-lobi
Buah lobi, biasanya kita sebut lobi-lobi, kalo di Sukabumi lolobi . Biasanya lobi-lobi di jadikan rujak dengan bumbu standar, garam, gula merah, cabe rawit, tambah terasi, dan rasanya bener bener asam manis, seger banget. Biasanya di tukang rujak bebek masih di jual. 

Kelendang / Cempedak

 

Sekilas buah ini mirip nangka, bentuknya yang unik dan rasanya yang manis, rasanya seperti campuran nangka dan manggis. Tertarik untuk mencoba ? Jika tertarik. Silahkan ke Kota Samarinda di bulan Desember.


Kupa / Gohok / Kaliasem / Gowok 


Sesuai dengan namanya buah ini rasanya asem alias kecut tapi seger. Buah ini ga bisa di makan sama kulit-kulitnya ini, tapi jika sudah pernah memakan buah ini hanya bisa “Nyengir”. Keberadaannya sudah lumayan langka ditemui saat ini, tapi buat Anda yang belum pernah mencoba buah ini. Anda bisa datang ke Jl. Yusuf Adiwinata, Menteng. Hati-hati dengan rasa asamnya!
  
Ceplukan/ Cecenet

Buah yang mirip cherry hutan ini. Memiliki nama sunda Cecendet. Biasanya tumbuh liar di kebon-kebon, tepi hutan dan daerah yang terkena cahaya matahari. Tapi seumur-umur saya belum pernah nemuin tanaman ini yang buahnya udah masak (warnanya kuning). Katanya rasanya manis dan di sukai anak-anak. Yang mau coba ? Biasanya udah di bentuk dalam kemasan tablet, soalnya buah ini khasiatnya sangat banyak.

Rukem

Buah Rukem, hidup didataran daerah Sumatra, Pulau Bangka, Pulau Belitung, Jawa barat dengan pohon yang berduri, dan dengan rasa yang manis. Namun apabila masih mentah dan berwarna hijau maka rasanya sepet sekali. Buah ini biasanya di asin atau pun dimakan mentah.

Huni / Buni






Buah ini berbentuk bulat kecil-kecil, rasanya sesuai dengan warnanya, warna hijau kecut, warna merah agak manis dan warna hitam sangat manis. Buah ini biasa dipakai untuk rujak (rujak boni). Manfaat mengonsumsi buah ini, karena dapat menjaga kesehatan mata karena memang kandungan vitamin A nya yang tinggi, melancarkan saluran pencernaan, dan sebagai antioksidan dan menjaga kekebalan tubuh.


Matoa


Buah matoa di Indonesia dikenal berasal dari Papua. Sebenarnya, pohon matoa bisa tumbuh di dataran rendah tropis di mana saja. Anehnya, buah matoa hanya dikenal di Papua, Sulawesi, dan Maluku. Rupanya, buah matoa di Indonesia bagian barat mungkin disebabkan daun-daun matoa muda banyak dimakan hewan herbivora seperti monyet dan makaka yang banyak terdapat di sana. Daun-daun muda yang habis, menyebabkan pohon matoa tidak bisa berbuah. 


  • Kecapi / Sentul / Ketuat:


    • Kecapi merupakan buah yang agak rumit memakannya, karena kulitnya begitu liat dan kuat, kadang perlu dijepit pake pinngiran pintu untuk membukanya. Malah kalau belum bisa juga, biasa dilempar ketanah sampai kulitnya terbuka (jadi inget masa kecil).
      Lemudian menjadi populer, ditanam secara luas dan mengalami naturalisasi.
      Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade.
      Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles.
      Berbagai bagian pohon kecapi memiliki khasiat obat. Rebusan daunnya digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.

    Harendong



    Nangka Walanda


    • :


      Kersen
      Kersen / Buah Singapur / Baleci / Cery jawa / 

    • Orang Bali menyebutnya buah singapur, entah karena asal buah ini dari singapur atau hanya suatu kebetulan saja. Kalau di Jakarta suka disebut dengan buah ceri. Buahnya kecil dan rasanya manis. Di Lumajang, anak-anak menyebutnya baleci.
      Buah ini juga dapat dijadikan selai, selain dimakan secara langsung. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar. Komposisi dari kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat berguna sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas digunakan sebagai bahan tali dan kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan semacam teh.


      Sawo Hejo


      image

    • :Arben / Murbei

      Kitau / Kerto / Babasaran / Bebesaran / Murbei / Lampaung / Mempaung by GembongOfJunker
      Buah dengan nama latin yaitu Morus australis Poir, merupakan tumbuhan perdu atau pohon yang tingginya 6-9 m. Daunnya berbentuk segitiga atau jantung, mudah luruh dari rantingnya. Buahnya bergugus, warnanya coklat tua kalau sudah masak. Daunnya digunakan untuk makanan ulat sutera.
      Biasanya buah ini tumbuh liar di hutan dan ditanam di halaman atau di kebun. Kandungan kimia: Karoten; Adenin; Kolin; Amilase; Minyak lemak; Vitamin C; Vitamin A; Vitamin B1; Kalsium; Fosfor; Maklurin; Rutin; Morin; Ergosterol. Khasiat pada buah ini antara lain: antipiretik; antitusif; diuretik; anti flogestik; analgesik.
      Kegunaan buah ini untuk kesehatan, yaitu:
    • Hepatitis; kurang darah dan tekanan darah tinggi: Buah besaran 7-10 g; Air matang secukupnya, Dibuat jus, Diminum sehari 1 kali; diulang selama 14 hari
    • Radang persendiaan dan nyeri pinggang:
      Ranting dan daun besaran 10 g; Air 110 ml, Diseduh, Diminum sehari 1 kali pada pagi hari, 100 ml[/font]

  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Untuk perbaikan blog dimohon untuk meninggalkan pesan dibawah ini

     

    My Blog List

    Site Info

    Abc
    DESA KERTAHAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template