Kamis, 24 November 2011

Kamus Pelayaran / Shipping terminologies

a
1ABAFTDIBELAKANG, SEBELAH BELAKANG.
2ABEAMSEJAJAR DENGAN, ARAH MELINTANG.
3ACTUAL TOTAL LOSSKERUGIAN KESELURUHAN SECARA FISIK.
4ACTUAL VALUE OF THE GOODSNILAI BARANG YANG SEBENARNYA.
5AD VALOREMMENURUT HARGA.
6ADDITIONAL PREMIUMPREMI TAMBAHAN.
7ADEQUATELY PACKEDDIBUNGKUS DENGAN MEMADAI.
8ADMIRALTY TIDE TABLESDAFTAR PASANG SURUT.
9AGAINST ALL RISKTERHADAP SEGALA RISIKO.
10AGROUNDKANDAS.
11AIR FREIGHTONGKOS ANGKUTAN KAPAL UDARA.
12ALTERATIONPERUBAHAN.
13AMBIENT TEMPERATURESUHU LUAR DARI PETIKEMAS YANG BERISI REFRIGERATED CARGO.
14ARBITRARY RATETARIF UANG TAMBANG YANG DIDASARKAN ATAS PERUNDINGAN ANTARA PEMILIK KAPAL DAN PEMILIK MUATAN.
15ASHOREDIDARAT
16AUTHORIZED SURVEYORJURU PERIKSA YANG DIBERI KUASA ( SAH ).
17AVERAGE BONDKESANGGUPAN MEMBAYAR IURAN KERUGIAN ( AVERAGE ) JIKA DIPERLUKAN.
18BACK FREIGHTUANG TAMBANG YANG DIKENAKAN TERHADAP MUATAN YANG DIKEMBALIKAN DARI PELABUHAN TUJUAN.
19BALANCE OF TRADENERACA PERDAGANGAN.
20BALE SPACERUANGAN YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MEMUAT BARANG-BARANG DALAM BAL.
21BARGETONGKANG, PERAHU.
22BARQUEKAPAL LAYAR.
23BARRATRYTINDAKAN MELAWAN HUKUM DARI NAKHODA ATAU AWAK KAPAL YANG MERUGIKAN PEMILIK KAPAL ATAU MUATAN.
24BARRIERRINTANGAN, HALANGAN.
25BASIS PORTPELABUHAN UTAMA.
26BEAUFORT SCALESKALA UNTUK MEMPERIKIRAKAN KECEPATANGAN ANGIN.
27BERTH RATETARIF PENGANGKUTAN UNTUK KAPAL-KAPAL YANG MELAYARI TRAYEK TETAP.
28BERTHAGEBIAYA TAMBAT.
29BILL OF ENTRYPEMBERITAHUAN PEMASUKAN ( BARANG ).
30BILL OF EXCHANGEWESEL.
31BILL OF HEALTHSERTIFIKAT KESEHATAN.
32BILL OF LADINGKONOSOEMEN, SURAT MUATAN.
33BILL PAYABLETAGIHAN DAPAT DIBAYAR.
34BOISTEROUS WEATHERCUACA BURUK.
35BOLLARDTAMBATAN, TONGGAK UNTUK MENAMBAT KAPAL, BOLDER.
36BONDED GOODSBARANG YANG HARUS DIKENAKAN BEA MASUK
37BREAST IN A SHIPMEMINDAHKAN KAPAL KE DERMAGA SEHINGGA SEJAJAR DENGAN DERMAGA TERSEBUT.
38BROKEN STOWAGERUANGAN YANG TERBUANG SEBAGAI AKIBAT STOWAGE YANG TIDAK EFISIEN.
39BULK FREIGHT CONTAINERPETIKEMAS YANG DAPAT MEMUAT MUATAN CURAH.
40CAR PALLETFLAT CONTAINER UNTUK MENGANGKUT MOBIL.
41CARDINAL POINTS.MATA ANGIN.
42CARGO HANDLING GEARALAT-ALAT MUAT BONGKAR.
43CARGO LINERKAPAL PENGANGKUT MUATAN BERTRAYEK TETAP.
44CARGO PLANRENCANA MUATAN.
45CARGO PORTPINTU MUATAN.
46CARGO RUNNERTALI MUAT.
47CARGO SHIP SAFETY CERTIFICATESERTIFIKAT KESELEMATAN KAPAL BARANG.
48CARGO SPACERUANGAN MUATAN.
49CARGO SURVEYSURVAI UNTUK MENGETAHUI KEADAAN KUANTITAS DAN KUALITAS MUATAN KAPAL.
50CARGO TANKTANGKI MUATAN, YAITU TANGKI ATAU RUANGAN DI KAPAL YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MENGANGKUT MUATAN CAIR DALAM BENTUK CURAH.
b
51CARGODORINGBIAYA PENERIMAAN MUATAN DIPINTU GUDANG.
52CARRIER OWNED CONTAINERPETIKEMAS YANG DIMILIKI OLEH PERUSAHAAN PELAYARAN.
53CASH AFTER DELIVERYTUNAI SETELAH PENYERAHAN ( BARANG ).
54CASH ON DELIVERYTUNAI PADA WAKTU DISERAHKAN.
55CATTLE CONTAINERPETIKEMAS UNTUK MEMUAT HEWAN.
56CELL GUIDESISTEM PEMBAGIAN PALKA PADA PETIKEMAS MENJADI BAGIAN-BAGIAN UNTUK PENAMPUNGAN PETIKEMAS.
57CELLULAR VESSELKAPAL PETIKEMAS.
58CERTIFICATE OF INSPECTIONSERTIFIKAT PEMERIKSAAN.
59CERTIFICATE OF ORIGINKETERANGAN YANG MENYATAKAN ASAL-USUL BARANG.
60CERTIFICATE OF REGISTRYSERTIFIKAT TANDA KEBANGSAAN, SERTIFIKAT PENDAFTARAN.
61CHARTER PARTYPERSETUJUAN SEWA MENYEWA KAPAL.
62CHARTER PAY DUESPENYEWA MEMBAYAR BEA.
63CLAIMS PAYABLE ABROADTUNTUTAN DAPAT DIBAYAR DILUAR NEGERI.
64CLASS EXTENSION SURVEYSURVAI UNTUK MENDAPATKAN PERPANJANGAN KELAS KAPAL SELAMA 6-12 BULAN, UNTUK MEMENUHI KETENTUAN BADAN KLASIFIKASI KAPAL.
65CLASS RENEWAL SURVEYSURVAI YANG DILAKUKAN OLEH BADAN KLASIFIKASI KAPAL TERHADAP SELURUH LAMBUNG ATAU MESIN KAPAL SETIAP 4 TAHUN UNTUK MEMPEROLEH PEMBAHARUAN KELAS KAPAL.
66CLEAN B/LKONOSEMEN BERSIH YAITU KONOSEMEN YANG TIDAK MENGANDUNG CATATAN CELAAN.
67CLEAN L/CADALAH L/C YANG TIDAK DISERTAI DENGAN DOKUMEN-DOKUMEN.
68CLIP ON UNITSMESIN PENDINGIN PORTABLE UNTUK INSULATED CONTAINER.
69CLOSED CONTAINERPETIKEMAS YANG HANYA DAPAT DIISI DARI SATU PINTU.
70COLLAPSIBLE CONTAINERPETIKEMAS YANG DAPAT DILIHAT.
71COLLECT FREIGHTUANG TAMBANG DIBAYAR DI PELABUHAN TUJUAN.
72COMMODITY RATETARIF UANG TAMBANG YANG DIDASARKAN ATAS GOLONGAN KELAS MUATAN, LAZIM DIGUNAKAN UNTUK MUATAN ANTAR PULAU.
73CONSIGNEESESEORANG ATAU PERUSAHAAN YANG MENERIMA BARANG YANG TERCANTUM DALAM B/L PADA PELABUHAN TUJUAN BARANG / IMPORTIR.
74CONSTRUCTIVE TOTAL LOSSKERUGIAN SELURUHNYA KARENA PERUBAHAN SIFAT.
75CONTAINER FREIGHT STATIONTERMINAL PETIKEMAS, DI TERMINAL INI PETIKEMAS DIBUKA DAN ISINYA DIKELUARKAN ( STRIPPING ) DAN ATAU DIISI DENGAN MUATAN ( STUFFING ).
76CONTAINER LOADPETIKEMAS YANG DIISI PENUH SESUAI PAYLOAD.
77CONTAINER PART LOADPETIKEMAS YANG TIDAK TERISI PENUH SESUAI PAYLOAD, SEHINGGA MUNGKIN DAPAT DIISI BARANG LAIN.
78CONTAINER POOLPERJANJIAN ANTARA ONTAINER LEASERS UNTUK SALING MENYEWAKAN.
79CONTAINER SAFETY CONVENTIONKONVENSI KESELAMATAN PETIKEMAS, PLAT YANG LAZIM TERDAPAT PADA SETIAP PETIKEMAS YANG MENUNJUKAN HAL DEMIKIAN.
80CONTAINER YARDLAPANGAN PETIKEMAS UNTUK PETIKEMAS YANG BERSTATUS FCL.
81CONTRACT OF CARRIAGEKONTRAK PENGANGKUTAN.
82CONVENTIONAL SHIPKAPAL KONVENSIONAL, KAPAL BIASA (BUKAN PETIKEMAS).
83CORNER CASTINGBESI PENGUAT DIUJUNG SUDUT PETIKEMAS.
84CORRUGATED CONTAINERPETIKEMAS DENGAN DINDING BERGELOMBANG.
85COUNTRY DAMAGEKERUSAKAN SEBELUM BARANG DIKAPALKAN.
86CROSS MEMBERSBARANG PENGUAT.
87CRUISING RANGELAMA PELAYARAN.
88CURRENT RATETARIF YANG BERLAKU.
89DAMAGED CARGO LISTDAFTAR BARANG-BARANG RUSAK.
90DATA PLANEPELAT BAJA DI PETIKEMAS YANG BERISI INFORMASI TENTANG BERAT DAN TARA SERTA UKURAN LUAR.
91DEAD FREIGHTUANG TAMBANG MATI, YAITU UANG TAMBANG UNTUK SEJUMLAH MUATAN YANG TIDAK DIMUAT KEKAPAL, RUANGAN KAPAL ITU SENDIRI YANG TIDAK DITEMPATI OLEH MUATAN ( KARENA PENYEWA TIDAK SANGGUP MENGISI DENGAN MUATAN ).
92DEAD WEIGHT TONNAGEBOBOT MATI.
93DELIVERED DUTY PAIDDISERAHKAN DENGAN BEA DIBAYAR.
94DELIVERED DUTY UNPAIDDISERAHKAN DENGAN BEA TIDAK DIBAYAR.
95DELIVERED EX QUAYDISERAHKAN DARI DERMAGA.
96DESPATCH BAYSTEMPAT DIMANA PETIKEMAS DIMUAT ATAU DIBONGKAR.
97DESPATCH GOODSBARANG-BARANG KIRIMAN CEPAT.
98DEVANINGSTRIPPING ATAU MENGELUARKAN ISI PETIKEMAS.
99DISBURSEMENT ACCOUNTREKENING DARI SEMUA BIAYA KAPAL SELAMA KAPAL BERADA DI SUATU PELABUHAN.
100DISPLACEMENT TONNAGEISI TOLAK, BERATNYA KAPAL.
c
101DISTRESS SIGNALSEMBOYAN BAHAYA.
102DOCK LEVELERALAT UNTUK MERATAKAN TINGGI ANTARA LANTAI MUATAN DAN LANTAI PETIKEMAS.
103DOCK WARRANTTANDA TERIMA YANG DIBERIKAN UNTUK BARANG-BARANG YANG MASUK KEDALAM GUDANG PELABUHAN.
104DOCUMENT OF RECEIPTTANDA TERIMA BARANG ATAU MUATAN.
105DOCUMENT OF TITLEDOKUMEN PEMILIKAN.
106DOWN RATEDKAPASITAS ANGKAT FORKLIFT YANG BERKURANG.
107DOWN TIMEWAKTU DIMANA PERALATAN / MESIN TIDAK BEROPERASI.
108DRAWBACKPEMBAYARAN KEMBALI BEA MASUK, SEBAGIAN ATAU SELURUHNYA.
109DREDGING SHIPKAPAL KERUK.
110DROP OFFMENURUNKAN PETIKEMAS DARI TRUK.
111DRY BULK CONTAINERPETIKEMAS KHUSUS UNTUK MUATAN CURAH KERING.
112DRY CARGO CONTAINERPETIKEMAS UNTUK MENGANGKUT MUATAN KERING.
113DRY FREIGHTTIAP MUATAN KERING YANG TIDAK MEMERLUKAN ALAT PENGAWASAN SUHU KHUSUS.
114DRY PORTPELABUHAN KERING, PELABUHAN YANG TERLETAK DI PEDALAMAN DARATAN.
115EMPTYINGMENGELUARKAN BARANG DARI PETIKEMAS.
116ENGINE BREAKDOWNKERUSAKAN MESIN.
117ENTREPOTGUDANG UNTUK MENYIMPAN BARANG-BARANG YANG BEA MASUKNYA BELUM DIBAYAR.
118ESTIMATED TIME OF ARRIVALPERKIRAAN TANGGAL DAN WAKTU KEDATANGAN.
119ESTIMATED TIME OF DEPARTUREPERKIRAAN TANGGAL DAN WAKTU KEBERANGKATAN.
120ESTIMATED TIME OF SAILINGPERKIRAAN TANGGAL DAN WAKTU BERLAYAR.
121FAIRWAYALUR PELAYARAN.
122FEEDER SHIPKAPAL PETIKEMAS KECIL YANG MELAYANI PELABUHAN, DIMANA KAPAL BESAR TIDAK SINGGAH DAN BERTINDAK SEBAGAI PETIKEMAS SUPPLY KAPAL BESAR.
123FERRYPERAHU ATAU KAPAL TAMBANGAN.
124FIATA BILL OF LADINGB/L YANG DIKELUARKAN OLEH FREIGHT FORWARDER YANG KEDUDUKANNYA SEBAGAI THTOUGH B/L.
125FILLER CARGOMUATAN KECIL UNTUK MENGISI BROKEN STOWAGE.
126FINE WEATHERCUACA TERANG, HARI CERAH.
127FIRST OPEN WATERPELABUHAN TERTUTUP ES, PADA WAKTUNYA DAPAT DILAYARI.
128FLAT RACK CONTAINERPETIKEMAS TANPA DINDING.
129FLAT RATETARIF UANG TAMBANG YANG DIKENAKAN UNTUK BEBERAPA PELABUHAN, TETAPI PELABUHAN TUJUAN AKHIR BELUM DIKETAHUI.
130FLOATING BEACONRAMBU YANG DIPERGUNAKAN UNTUK PEMETAAN LAUT ATAU SURVEY, UMUMNYA DIBERI RANTAI PENAHAN TIGA.
131FLOATING CLAUSEKLAUSAL DALAM CHARTER PARTY YANG MENYEBUTKAN BAHWA KAPAL HARUS MELAKUKAN BONGKAR MUAT DITEMPAT YANG SELALU AMAN DAN TIDAK KANDAS.
132FLOOD ANCHORJANGKAR YANG AKAN MENAHAN KAPAL SAAT DATANG AIR PASANG.
133FLOOD PLAINSUATU DAERAH YANG SECARA TERATUR TERGENANG OLEH AIR PASANG.
134FLOOD STREAMARUS PASANG.
135FLOOD TIDEKENAIKAN PERMUKAAN AIR KARENA TERJADINYA PASANG.
136FOG SIGNALSEMBOYAN KABUT.
137FORECASTLEBANGUNAN DIATAS DEK BAGIAN DEPAN KAPAL.
138FORTY FOOT EQUIVALENTUNIT UKURAN PETIKEMAS YANG PANJANGNYA 40 KAKI.
139FORWADERS BILL OF LADINGKONOSEMEN ATAU B/L YANG DITERBITKAN OLEH SEBUAH FREIGHT FORWARDER YANG BERARTI THROUGH B/L.
140FOUL B/LKONOSEMEN KOTOR YAITU KONOSEMEN YANG MENGANDUNG CATATAN CELAAN.
141FRAGILE CARGOMUATAN MUDAH PECAH ( RAPUH ).
142FRANCOTELAH DIBAYAR, ATAU BEBAS DARI SEMUA BIAYA. HARGA TERMASUK SEMUA BIAYA SAMPAI PENYERAHAN KEPADA PEMBELINYA.
143FREE ALONGSIDESHIPPER MENYERAHKAN BARANGNYA SAMPAI DI DERMAGA.
144FREE ALONGSIDE SHIPSUATU PEMBELIAN UNTUK BARANG-BARANG SAMPAI DISAMPING KAPAL ATAS BIAYA PENJUAL / SHIPPER, SEMUA BIAYA PENGURUSAN MUATAN DAN PEMUATANNYA ATAS RESIKO DAN BIAYA PEMBELI.
145FREE AND DEMMURAGEBIAYA ADALAH TERMASUK UANG TAMBANG DAN SETIAP KETERLAMBATAN YANG MUNGKIN TERJADI.
146FREE DESPATCHJIKA PEKERJAAN DISELESAIKAN LEBIH AWAL DARI PERJANJIAN, MAKA SISA HARINYA TIDAK DIBAYAR.
147FREE ENTRYBEBAS BEA MASUK ( UNTUK BARANG-BARANG IMPOR ).
148FREE FROM ALONGSIDEBEBAS DARI SISI KAPAL.
149FREE IN AND OUTPENCHARTER MEMBAYAR BIAYA BONGKAR MUAT.
150FREE IN AND OUT OF TRUCKSBIAYA MUAT DAN MEMBONGKAR DARI TRUK MENJADI BEBAN PENYEWA.
d
151FREE IN AND OUT STOWED & TRIMMEDSEMUA MUAT BONGKAR, PENATAAN MAUPUN PEMINDAHAN ATAU PENGGESERAN MUATAN MENJADI BEBAN CHARTERER.
152FREE IN TO WAGONPENJUAL MENANGGUNG SEMUA BIAYA PEMUATAN SAMPAI KE GERBONG ATAU TRUK, SEWA ANGKUTANNYA MENJADI BEBAN PEMBELI.
153FREE INTO BUNKER / BARGEHARGA PENAWARAN TERMASUK BIAYA PEMUATAN KEDALAM BUNKER / TONGKANG.
154FREE OF ADDRESSKAPAL YANG TIDAK MEMBERIKAN ADDRESS COMMISSION KEPADA PENYEWA.
155FREE OF ALL AVERAGEBEBAS DARI SEMUA KERUGIAN / KERUSAKAN.
156FREE OF CAPTURE AND SEIZUREASURANSINYA TIDAK TERMASUK KERUGIAN YANG DISEBABKAN OLEH TERJADINYA PENANGKAPAN ATAU PENYITAAN.
157FREE OF CHARGEHARGA SUDAH TERMASUK SEMUA BIAYA.
158FREE OF DAMAGEBEBAS DARI KERUSAKAN, ARTINYA JIKA TERDAPAT KERUSAKAN MAKA MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PENJUAL.
159FREE OF DESPATCHBEBAS DARI PEMBAYARAN PREMI DESPACTH YANG HARUS DIBAYAR.
160FREE OF ENCUBRANCESPERNYATAAN YANG TERDAPAT DALAM SURAT PEMBELIAN KAPAL YANG TIDAK DALAM KEADAAN DIGADAIKAN YANG DIJELASKAN DALAM BILL OF SALE.
161FREE OF GENERAL AVERAGEPIHAK ASURANSI TIDAK MENANGGUNG KLAIM YANG DIBEBANKAN PEMILIK BARANG UNTUK IURAN GENERAL AVERAGE.
162FREE OF PARTICULAR AVERAGEKLAUSAL YANG TIDAK TERMASUK AWAR KHUSUS.
163FREE OF RIOTS AND CIVIL COMMOTIONSTIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP KERUGIAN YANG DITIMBULKAN OLEH TERJADINYA KERUSAKAN ATAU KERUSUHAN.
164FREE ON BOARDPENJUAL ATAU SHIPPER BERTANGGUNG JAWAB SAMPAI BARANGNYA MELEWATI PAGAR KAPAL UNTUK DIMUAT KEDALAM PALKA.
165FREE ON QUAYHARGANYA SUDAH TERMASUK SAMPAI DI DERMAGA, TIDAK TERMASUK BIAYA MUAT.
166FREE ON RAILHARGA TERMASUK SAMPAI BARANG DIMUAT KEDALAM GERBONG KERETA API.
167FREE OVERSIDEBEBAS PADA SISI ( KAPAL ).
168FREIGHTUANG TAMBANG, BIAYA ANGKUTAN.
169FREIGHT COLLECTFREIGHT YANG AKAN DIBAYAR OLEH CONSIGNEE SETELAH BARANG ITU TIBA DI TUJUAN.
170FREIGHT NOTESPEMBERITAHUAN DARI BROKER KEPADA PARA SHIPPERS BERAPA FREIGHT YANG HARUS DIBAYAR BAGI BARANG-BARANG TERKAIT.
171FREIGHT PREPAIDUANG TAMBANG DIBAYAR DI PELABUHAN MUAT.
172FREIGHT SPACERUANG MUATAN.
173FREIGHT TARIFFTARIF MUATAN.
174FREIGHT UNITSATUAN UNTUK MENETAPKAN TARIF MUATAN.
175FROZEN CARGOMUATAN BEKU SEBELUM DIMUAT DAN TETAP DALAM KEADAAN BEKU SAMPAI PELABUHAN TUJUAN.
176FULL AND BYBERLAYAR DEKAT ANGIN
177FULL AND DOWNKAPAL PENUH MUATAN DENGAN SARAT YANG MAKSIMUM.
178FULL CONTAINER LOADSUATI PETIKEMAS BERISI PENUH DIPAKAI OLEH SATU SHIPPER SAJA.
179FULL INTEREST ADMITTEDPIHAK ASURANSI AKAN MENERIMA BUNGA YANG DIASURANSIKAN DAN TIDAK AKAN MERAGUKAN DIKEMUDIAN HARI.
180FULL LOADED WEIGHT AND CAPACITYSEBUAH PETIKEMAS YANG DIISI SESUAI KAPASITAS DAN VAOLUMENYA.
181FULL TERMHARGA CHARTER TERMASUK SEMUA PEMOTONGAN KOMISI DAN SETERUSNYA, SEPERTI YANG BERLAKU DALAM PERDAGANGAN UMUM DI TEMPAT TERSEBUT.
182FULL TILT CONTAINERPETIKEMAS YANG SISINYA DITUTUP TERPAL.
183FULLCRUMTITIK KESEIMBANGAN.
184FULLY LOADED WEIGHT AND CAPACITYSEBUAH PETIKEMAS SAMPAI PENUH ( BERAT DAN VOLUMENYA ).
185FUMIGATIONPENGASAPAN.
186GENERAL CARGOMUATAN CAMPURAN.
187GENERAL DRY CARGO CONTAINERPETIKEMAS UNTUK SEGALA MUATAN KERING, YANG TIDAK MEMERLUKAN PERHATIAN KHUSUS MENGENAI TEMPERATUR, PERANGINAN DAN FAKTOR-FAKTOR LAIN.
188GENERAL SURVEYPEMERIKSAAN UMUM.
189GLASS REINFORCED PLASTICPLASTIK YANG DIPERKUAT DENGAN KACA UNTUK DINDING / ATAP PETIKEMAS.
190GROSS REGISTERED TONNAGEISI KOTOR.
191GROSS VEHICLE WEIGHTTOTAL BERAT KENDARAAN DAN PETIKEMAS SERTA KENDARAAN PENARIKNYA.
192GROSS WEIGHTBOBOT KOTOR ( TERMASUK PEMBUNGKUS ).
193GROUPAGE B/LKONOSEMEN GABUNGAN, DALAM KONOSEMEN INI MUATAN TERDIRI DARI BERMACAM-MACAM BARANG TETAPI PELABUHAN TUJUANNYA SAMA.
194GROUPAGE DEPOTWILAYAH DIMANA ISI PETIKEMAS DAPAT DIKELOMPOKKAN DAN DIPISAH-PISAHKAN.
195HAND SIGNALLING LAMPLENTERA SINYAL TANGAN.
196HEAVY WEATHERCUACA BURUK.
197HOME PORTPELABUHAN PANGKALAN.
198HULL SURVEYSURVAI YANG BERKENAAN DENGAN KESEMPURNAAN KONSTRUKSI BADAN KAPAL.
199IDENTITY SIGNALSEMBOYAN PENGENAL.
200INBOARD PROFILE PLANPENAMPANG MEMANJANG DALAM RUANGAN KAPAL.

e
201INDIFFERENT STABILITYSTABILITAS GOYANG.
202INLAND PORTPELABUHAN PEDALAMAN ( UNTUK ANTAR PULAU ).
203INSULATED CONTAINERPETIKEMAS YANG SISI DALAMNYA DIISOLASI.
204INTEGRAL TANKTANGKI MUATAN UNTUK GAS ALAM CAIR YANG MERUPAKAN SUATU BAGIAN STRUKTUR DARI BADAN KAPAL PADA KAPAL PENGANGKUT GAS ALAM CAIR.
205INTERMODAL TRANSPORTANGKUTAN ANTAR MODA, ANGKUTAN ANEKA WAHANA.
206ITINERARYDAFTAR PELABUHANYANG DIKUNJUNGI KAPAL DALAM PELAYARAN.
207JERQUE NOTESERTIFIKAT YANG DIBUAT OLEH DUANE YANG EMNYATAKAN BAHWA KAPAL TELAH DIPERIKSA DAN SEMUA MUATAN TELAH DIBONGKAR HABIS.
208JETTYDERMAGA, TEMBOK LAUT, JEMBATAN SEMPIT.
209LASHING SURVEYSURVAI PENGIKATAN MUATAN KAPAL.
210LESS THAN CONTAINER LOADSUATU KONTAINER BERISI BERMACAM-MACAM MUATAN DARI BERBAGAI SHIPPER, DENGAN SISTEM GROUPAGE ATAU CONSOLIDATION.
211LETTER OF CREDITSURAT PENGAKUAN AKAN MEMBAYAR.
212LIGHT SHIPKAPAL SUAR, KAPAL TANPA MUATAN ( KOSONG ).
213LIGHT SIGNALSUAR.
214LIGHTER ABOARD SHIPKAPAL INDUK TONGKANG.
215LINER B/LKONOSEMEN UNTUK ANGKUTAN DARI SATU PELABUHAN KE PELABUHAN LAIN.
216LOAD LINEGARIS MUAT.
217LOCAL MEAN TIMEWAKTU MENENGAH SETEMPAT.
218LOCKING DEVICEALAT PENGUNCI PADA PETIKEMAS.
219LONG TERM LEASE AGREEMENTPERJANJIAN SEWA MENYEWA JANGKA PANJANG.
220LONGITUDINAL PROFILEPENAMPANG MEMBUJUR KAPAL.
221MAIN HATCHPALKA UTAMA.
222MAIN PORTPELABUHAN UTAMA.
223MAKE PORTBERLABUH.
224MARINE SURVEYORJURU PERIKSA LAUT.
225MAXIMUM PAYLOADBERAT BEBAN MUATAN MAKSIMUM YANG DIIZINKAN, YAITU BERAT KOTOR MAKSIMUM DIKURANGI BERAT BERSIH.
226MEAN SEA LEVELPERMUKAAN LAUT RATA-RATA.
227MEAN TIDAL LEVELTINGKAT PASANG SURUT RATA-RATA.
228MEMBRANE TANKTANGKI MUATAN UNTUK GAS ALAM CAIR YANG DIGUNAKAN PADA KAPAL PENGANGKUT GAS ALAM CAIR.
229MODULAR CONTAINERSUATU KONTAINER KECIL YANG DAPAT DIPERGUNAKAN KEMBALI UNTUK PENGANGKUTAN DAN PENYIMPANAN.
230MOULDED DEPTHDALAM BAGIAN DALAM.
231NEGOTIABLE B/LKONOSEMEN YANG DAPAT DIRUNDINGKAN ( DIPERDAGANGKAN ) DENGAN CARA ENDOSEMEN ATAU PEMINDAHAN HAK.
232NET REGISTERED TONNAGEISI BERSIH.
233NET TARE WEIGHTBERAT PETIKEMAS KOSONG TERMASUK KELENGKAPAN TETAP YANG DIPASANG PADA PETIKEMAS TERSEBUT.
234NET WEIGHTPERBEDAAN ANTARA GROSS WEIGHT DAN TARA DARI PETIKEMAS.
235NON DELIEVEREDTIDAK DISERAHKAN.
236NON DELIVERY CERTIFICATETANDA BUKTI KEKURANGAN.
237NON PAYMENTTIDAK ADA PEMBAYARAN, PEMBAYARAN TIDAK DILAKUKAN.
238NON VESSEL OPERATING COMMON CARRIERPERUSAHAAN FREIGHT FORWARDER YANG TIDAK MEMPUNYAI KAPAL, AKAN TETAPI MENGGUNAKAN PETIKEMAS DARI PERUSAHAAN PELAYARAN YANG ADA.
239NON WATER TIGHTTIDAK KEDAP AIR.
240NOTIFY ADDRESSALAMAT ( BIASANYA PADA KONOSEMEN ) YANG HARUS DIBERITAHU JIKA KAPAL YANG MEMBAWA BARANG TELAH TIBA.
241NOTIFYING PARTYPIHAK YANG DIBERITAHU NOTIFY ADDRESS.
242NULL AND VOIDTIDAK BERLAKU.
243OCEAN B/LKONOSEMEN UNTUK ANGKUTAN SAMUDERA.
244ONE WAY LEASEPETIKEMAS DISEWA UNTUK SATU PERJALANAN SAJA.
245OPEN CHARTERSEWA MENYEWA KAPAL YANG TIDAK MENYEBUTKAN JENIS MUATAN YANG AKAN DIMUAT MAUPUN NAMA PELABUHAN TUJUAN.
246OPEN CONTAINERPETIKEMAS TERBUKA, DENGAN ATAU TANPA ATAP.
247OPEN SIDED CONTAINERPETIKEMAS YANG SISINYA TERBUKA.
248OPEN TOP CONTAINERPETIKEMAS YANG ATAPNYA DAPAT DIANGKAT ( ATAPNYA BIASANYA DARI TERPAL ).
249OPEN WALL CONTAINERPETIKEMAS TANPA DINDING SAMPING ATAU DINDING UJUNG, TETAPI MEMILIKI LANTAI DAN KERANGKA ATAS DENGAN CORNER CASTINGS.
250ORDER B/LKONOSEMEN ORDER, KONOSEMEN INI DAPAT IPERDAGANGKAN DENGAN CARA ENDOSEMEN ATAU PEMINDAHAN HAK.
f
251OUT SHIPMENTBARANG-BARANG YANG TIDAK DIMUAT KE KAPAL.
252OUTBOARD PROFILE PLANPENAMPANG MEMANJANG BAGIAN LUAR KAPAL.
253OUTPORTPELABUHAN KECIL.
254OVERHAULMEMPERBAIKI, MEMBONGKAR, MEMERIKSA DENGAN TELITI DAN MEMPERBAIKI JIKA PERLU.
255OVERHEIGHT CARGOMUATAN YANG DIMUAT DALAM KONTAINER TERBUKA, TETAPI MUATAN MASIH MENCUAT ( MELEBIHI TINGGI PETIKEMAS ).
256OVERLANDED CARGOMUATAN YANG DIBONGKAR LEBIH.
257PACKING LISTDAFTAR PENGEPAKAN BARANG.
258PALLETBAK, PAPAN PEMUAT.
259PARTYPIHAK, ORANG YANG MEMPUNYAI KEPENTINGAN DALAM SUATU TRANSAKSI.
260PASSAGEALUR, PELAYARAN, TERUSAN.
261PAY OFFMENGUBAH HALUAN KAPAL LAYAR ( SEMAKIN JAUH DARI ANGIN ).
262PAYLOADBERAT / UKURAN MUATAN UNTUK MANA UANG TAMBANG DIBAYAR.
263PERMANENT BUNKERSBAHAN BAKAR TETAP.
264PICKED PORTSPELABUHAN-PELABUHAN YANG DIPILIH.
265PIERDERMAGA YANG MENJOROK KE LAUT.
266PIER TO HOUSEANGKUTAN MUATAN DALAM PETIKEMAS DARI PELABUHAN MUAT ( DERMAGA ) DAN DISERAHKAN DI GUDANG ( HOUSE ) IMPORTIR.
267PIER TO PIERANGKUTAN MUATAN DALAM PETIKEMAS DARI DERMAGA ( PELABUHAN MUAT ) DAN DISERAHKAN DI DERMAGA ( PELABUHAN TUJUAN ).
268PILOTAGEKEPANDUAN.
269PLAIN FLAT CONTAINERPETIKEMAS YANG TERDIRI DARI LANDASAN DAN TIANG-TIANG SUDUT.
270PLEDGEBARANG YANG DITAWARKAN SEBAGAI JAMINAN PINJAMAN DENGAN SUATU PERJANJIAN.
271PLOUGH THE SEAMENGARUNGI LAUTAN.
272PLYBERLAYAR.
273POINT OF INTERSECTIONTITIK POTONG.
274POLAR DISTANCEJARAK KUTUB.
275PORT AUTHORITYPENGUASA PELABUHAN.
276PORT CHARGESBIAYA-BIAYA PELABUHAN.
277PORT DUESBEA PELABUHAN.
278PORT OF CALLPELABUHAN SINGGAH.
279PORT OF DISCHARGEPELABUHAN BONGKAR.
280PORT OF ENTRYPELABUHAN MASUK BAGI KAPAL / BARANG DALAM SUATU NEGARA.
281PORT OF EXPORTATIONPELABUHAN EKSPOR.
282PORT OF REFUGEPELABUHAN YANG DISINGGAHI OLEH KAPAL, JIKA TERJADI KEADAAN DARURAT ( TOPAN ATAU PERBAIKAN KAPAL ).
283PORT OF REGISTRYPELABUHAN ATAU TEMPAT KAPAL DIDAFTAR.
284PORT OF TRANSHIPMENTPELABUHAN PINDAH KAPAL.
285PORT SPEEDISTILAH UNTUK MENYATAKAN KECEPATAN PEMUATAN DAN PEMBONGKARAN BARANG DI PELABUHAN.
286PORT TACKBERLAYAR DENGAN ANGIN PADA HALUAN KIRI.
287PORTAINERKESELURUHAN KRAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MELAYANI MUAT BONGKAR PETIKEMAS.
288PORTERAGEPEKERJAAN ATAU BIAYA PENGANTARAN.
289PORTHOLE CONTAINERPETIKEMAS YANG MEMILIKI KELENGKAPAN DIBAGIAN DEPAN, UNTUK DIHUBUNGKAN DENGAN SISTIM PENDINGINAN DI KAPAL ATAU DI DERMAGA.
290PORTS RANGEPELABUHAN-PELABUHAN YANG TERLETAK PADA SATU GARIS ( TRAYEK ).
291POSITION APPROXIMATEPOSISI KIRA-KIRA.
292POSITION DOUBTFULPOSISI MERAGUKAN ( PETA LAUT ).
293POSITIONINGPENYERAHAN PETIKEMAS KOSONG KEPADA PENGIRIM / PEMILIK.
294POSTAGEBIAYA KIRIM PER POS, PERANGKO.
295PRATIQUESURAT LEPAS KARANTINA, IZIN BAGI KAPAL UNTUK BERHUBUNGAN DENGAN DARAT SETELAH DILAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN.
296PRELIMINARY SURVEYPEMERIKSAAN PENDAHULUAN.
297PREPAIDDIBAYAR SEBELUMNYA, DIBAYAR DIMUKA.
298PREVENT EXCESSIVE PRESSUREMENCEGAH TEKANAN YANG BERLEBIHAN.
299PRINCIPALPERWAKILAN PEMILIK KAPAL.
300PROCEEDBERLAYAR TERUS, MENLANJUTKAN ( PELAYARAN ).
g
301PROMPT SHIPKAPAL SIAP MELAKUKAN PEMUATAN DALAM WAKTU DEKAT.
302PROTECTION AND INDEMNITYPERLINDUNGAN DAN JAMINAN.
303PROVISION LISTDAFTAR BEKAL KAPAL.
304QUANTITY SURVEYSURVAI YANG BERKAITAN DENGAN JUMLAH MUATAN KAPAL.
305QUARANTINEKARANTINA ( TEMPAT DI PELABUHAN UNTUK MEMERIKSA KESEHATAN ORANG YANG AKAN TURUN DARI KAPAL. )
306QUAYJEMBATAN, DERMAGA, PANGKALAN PELABUHAN, KADE.
307QUAY DUESBEA PANGKALAN, UANG TAMBAT.
308QUAYAGEUANG LABUH.
309QUOTAPEMBATASAN ATAS EKSPOR / IMPOR DARI SEGI JUMLAH BARANG.
310QUOTATIONCATATAN NILAI HARGA.
311RACKING STRESSTEGANGAN MELINTANG KAPAL.
312RAILWAY CONSIGNMENTTANDA TERIMA PEMUATAN BARANG YANG DIANGKUT DENGAN KERETA API.
313RAISED FORE DECKDEK HALUAN YANG DITINGGIKAN.
314RAMPSEMACAM JEMBATAN YANG DIGUNAKAN KAPAL RO/RO.
315RECEIVED FOR SHIPMENT B/LKONOSEMEN YANG MENYATAKAN BAHWA BARANG-BARANG YANG TELAH DITERIMA UNTUK KEMUDIAN DIMUAT KE KAPAL.
316RECIPIENT OF CARGOPENERIMA MUATAN.
317REEFBATU KARANG.
318REEFER CONTAINERPETIKEMAS BERISOLASI DENGAN MESIN PENDINGIN.
319REMAINING ON BOARDSISA DI KAPAL ( MUATAN / BAHAN BAKAR ).
320RISK OF HANDLINGRISIKO MUAT BONGKAR.
321RISK OF LOSSRISIKO KEHILANGAN ATAU KERUGIAN.
322ROLL ON / ROLL OFFKAPAL YANG DAPAT MEMUAT PETIKEMAS SERTA ALAT PENGANGKUTNYA YANG MASUK MELALUI PINTU KAPAL.
323ROUGH WEATHERCUACA BURUK.
324RUN ON A REEFKANDAS DIATAS KARANG.
325SAFE CUSTODYPENYIMPANAN YANG AMAN.
326SAFE PASSAGEJALAN (ALUR) YANG AMAN.
327SAFE WORKING LOADBOBOT MAKSIMUM YANG DAPAT DIANGKAT ( SUPAYA AMAN ).
328SAFETY CONSTRUCTION CERTIFICATESERTIFIKAT KESELAMATAN KONSTRUKSI.
329SAFETY EQUIPMENT CERTIFICATESERTIFIKAT KESELAMATAN PERLENGKAPAN.
330SAFETY OF LIFE AT SEAPERATURAN YANG TERCANTUM DALAM KONVENSI INTERNASIONAL UNTUK KESELAMATAN JIWA DI LAUT.
331SALVAGE AND SALVAGE CHARGESPENYELAMATAN DAN BIAYA-BIAYA PENYELAMATAN.
332SALVAGE LOSSKERUGIAN PENYELAMATAN.
333SALVORORANG ATAU PERUSAHAAN YANG MENYELAMATKAN KAPAL ATAU MUATAN.
334SAVE OUR SOULTOLONGLAH JIWA KAMI.
335SCANTLING DRAFT SHIPKAPAL DENGAN SYARAT YANG DITENTUKAN SESUAI DENGAN KEKUATAN KAPAL SAJA.
336SCAVENGE PUMPPOMPA PEMBUANG MINYAK.
337SCOWSEJENIS TONGKANG YANG TIDAK BERGELADAK.
338SCREW MOTORSHIPKAPAL MOTOR DENGAN BALING-BALING.
339SCUPPERLUBANG PEMBUANG AIR DI KAPAL, LUBANG KEMARAU.
340SEAWORTHINESS CERTIFICATESERTIFIKAT KESEMPURNAAN, SERTIFIKAT LAYAK LAUT.
341SEINE FLOATKAYU PEGANGAN PADA TALI KEAMANAN DI SEKOCI.
342SEIZUREPERAMPASAN, PEMBESLAHAN.
343SEMAPHORE SIGNALSINYAL LENGAN.
344SERIOUS DAMAGEKERUSAKAN HEBAT, KERUSAKAN BERAT.
345SHAFT TUNNEL ALLEYTEROWONGAN POROS BALING-BALING.
346SHIP MASTERNAKHODA KAPAL.
347SHIP PAYS DUESKAPAL MEMBAYAR BEA.
348SHIP YARDGALANGAN KAPAL, BENGKEL KAPAL.
349SHIPOWNERPEMILIK KAPAL.
350SHIPOWNERS LIABILITYTANGGUNG JAWAB PEMILIK KAPAL.
h
351SHIPPER OWNED CONTAINERPETIKEMAS YANG DIMILIKI OLEH PEMILIK BARANG.
352SHIPPER'S PACKED CONTAINERPETIKEMAS YANG DIISI OLEH PENGIRIM BARANG.
353SHIPPING ACTUNDANG-UNDANG PELAYARAN.
354SHIPPING AGENTAGEN MASKAPAI PELAYARAN.
355SHIPPING ARTICLESPERSETUJUAN PERBURUHAN LAUT.
356SHIPPING DOCUMENTSDOKUMEN-DOKUMEN PENGAPALAN.
357SHIPPING ORDERPERINTAH PENGAPALAN, PERINTAH MEMUAT.
358SHIPTAINERKRAN BESAR DIKAPAL PETIKEMAS.
359SHIPYARDGALANGAN KAPAL, BENGKEL KAPAL.
360SHORT TERM LEASE AGREEMENTPERJANJIAN SEWA MENYEWA JANGKA PENDEK.
361SHORT WEIGHTBOBOTNYA KURANG, BERATNYA KURANG.
362SHUT OUTPETIKEMAS ATAU MUATAN BIASA YANG TIDAK DIMUAT KE KAPAL KARENA TERLAMBAT DATANG.
363SIDE DOOR CONTAINERPETIKEMAS DENGAN PINTU BELAKANG DAN PINTU SAMPING.
364SIDE OF SHIPLAMBUNG KAPAL, DINDING KAPAL.
365SIDE PORTPINTU LAMBUNG, PINTU SAMPING.
366SIGN OFFMENANDATANGANI PERSETUJUAN PERBURUHAN LAUT SETELAH KAPAL TIBA KEMBALI DI PELABUHAN PANGKALAN ( TURUN SETERUSNYA DARI KAPAL ).
367SIGN ONMENANDA TANGANI PERSETUJUAN PERBURUHAN LAUT SEBELUM KAPAL BERLAYAR DARI PELABUHAN PANGKALAN.
368SINGLE UPMENARIK KEMBALI SEMUA TALI TAMBAT KAPAL KECUALI SATU.
369SISTER SHIPSKAPAL-KAPAL YANG JENISNYA SAMA.
370SKELETAL TRAILERTRAILER DARAT, TRAILER JENIS INI TIDAK MEMLIKI LANTAI YANG KUKUH, HANYA BERUPA KERANGKA KARENA DIGUNAKAN UNTUK PENGANGKUTAN PETIKEMAS.
371SLIP WAYGALANGAN UNTUK MELUNCURKAN KAPAL KE AIR ( LANDASAN TARIK ).
372SLOTRUANGAN DI KAPAL YANG DITEMPATI OLEH SEBUAH PETIKEMAS.
373SOLO TANK CONTAINERTANGKI UNTUK BAHAN CAIR DALAM RANGKA PETIKEMAS.
374SPECIAL CONTAINERPETIKEMAS YANG KHUSUS DIBUAT UNTUK MUATAN TERTENTU.
375SPINDRIFTBUIH OMBAK.
376SPOTISTILAH YANG LAZIM DIGUNAKAN UNTUK MENGATAKAN BAHWA KAPAL DAPAT MELAKUKAN PEMUATAN SECEPATNYA, SEGERA SETELAH C/P DITANDA TANGANI.
377STANDARDIZATION TRIALPERCOBAAN KECEPATAN KAPAL.
378STANDING ORDERPERATURAN TETAP, PERINTAH TETAP.
379STARBOARD TACKBERLAYAR DENGAN ANGIN PADA HALUAN KANAN.
380STATUTORY SURVEYSURVAI YANG DIWAJIBKAN OLEH PERATURAN ATAU UNDANG - UNDANG YANG HARUS DITAATI OLEH PEMILIK KAPAL.
381STEAM AHEAD OFMEMOTONG HALUAN.
382STEAMSHIPKAPAL UAP, KAPAL API.
383STEAMTRAWLERKAPAL UAP PENANGKAP IKAN.
384STEEL TAPEALAT PENGUKUR CAIRAN DALAM TANGKI.
385STEERAGEWAYKECEPATAN YANG PALING PELAN DAN MASIH DAPAT MENGEMUDIKAN KAPAL.
386STERN FASTTALI PENARIK ( DI BURITAN PERAHU ).
387STEVEDORING COMPANYPERUSAHAAN MUAT / BONGKAR MUATAN KAPAL.
388STORAGE YARDLAPANGAN PENUMPUKAN.
389STOWAGEPENIMBUNAN, PENUMPUKAN, PEMADATAN.
390STRADDLE CARRIERALAT UNTUK MENGANGKAT PETIKEMAS DIDARAT.
391STUFFINGMENGISI PETIKEMAS.
392SUBJECT TO PARTICULAR AVERAGEMENURUT KERUGIAN UMUM.
393SURVEYED BEFORE SHIPMENTDISURVAI SEBELUM DIKIRIM.
394SURVIVORSORANG-ORANG YANG SELAMAT DALAM SUATU KECELAKAAN.
395SYNOPTIC CHARTPETA CUACA YANG MEMBERIKAN PETUNJUK-PETUNJUK.
396TAFFRAILTERALI (PAGAR) KAPAL DI BURITAN.
397TANK CONTAINERPETIKEMAS KHUSUS UNTUK MUATAN CAIR.
398TARE WEIGHTBERAT PETIKEMAS TANPA MUATAN.
399T-CARDKARTU BERBENTUK T, KARTU INI DIGUNAKAN UNTUK MEMONITOR GERAKAN PETIKEMAS.
400TIME CHARTERSEWA MENYEWA (KAPAL) MENURUT WAKTU.
j
401TIPPING CENTERPUSAT TITIK APUNG.
402TONNAGE DEPTHTINGGI GELADAK YANG DIPERGUNAKAN SEBAGAI DASAR UNTUK PERHIYUNGAN TONASE.
403TONNAGE DUESBEA YANG DIPUNGUT BERDASARKAN REGISTERED TON KAPAL.
404TOP DEAD CENTRETITIK MATA TERATAS.
405TOP HAMPERTALI TEMALI DAN PERLENGKAPAN LAIN DIATAS DEK.
406TOP HEAVYBERAT PUNCAK, BERAT ATAS.
407TOP MARKTANDA PUNCAK.
408TOP MASTBAGIAN TIANG KAPAL YANG ATAS.
409TOPNARKTANDA PUNCAK ( UNTUK PELAMPUNG ).
410TOPSIDEBAGIAN KAPAL YANG BERADA DIATAS PERMUKAAN AIR.
411TRAMPDINAS PELAYARAN SUATU KAPAL YANG TIDAK TERATUR.
412TRANSHIPMEMINDAHKAN MUATAN KEKAPAL LAIN, MELANJUTKAN PENGIRIMAN.
413TRANSIT GODOWNGUDANG TRANSITO, GUDANG TEPI LAUT.
414TRANSTAINERKRAN DARAT ( UNTUK MENGANGKAT PETIKEMAS ).
415TRANSVERSEMELINTANG.
416TRAWLERKAPAL IKAN ( DENGAN PUKAT).
417TRETKERUSAKAN ATAU KERUGIAN YANG DIPERKENANKAN SELAMA PENGANGKUTAN.
418TRIATIC STAYTALI ATAU KAWAT ANTARA TIANG DEPAN DAN CEROBONG.
419TRIBUTARYANAK SUNGAI, CABANG SUNGAI.
420TRICEMENAIKKAN DAN MENGIKATKAN SESUATU.
421TRIM CARGOMENYUSUN MUATAN SUPAYA RATA, MERATAKAN MUATAN.
422TRIMMED BY THE HEADBERINKLINASI KEDEPAN.
423TRIMMED BY THE STRENBERINKLINASI KEBELAKANG.
424TRIMMING TANKTANGKI-TANGKI DEPAN DAN BELAKANG.
425TRIP CHARTERSEWA MENYEWA KAPAL MENURUT PERJALANAN.
426TRUCKINGONGKOS ANGKUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TRUK.
427TUGKAPAL TUNDA, KAPAL PENARIK.
428TUMBLE HOMEBENTUK BADAN KAPAL DIMANA BAGIAN ATASNYA LEBIH KECIL DARI LEBAR MAKSIMUMNYA.
429TUNNELTEROWONGAN POROS BALING-BALING.
430TURBINE STEAM SHIPKAPAL TURBIN.
431TURNING CIRCLELINGKARAN PUTAR KAPAL.
432TWENTY FOOT EQUIVALENT UNITUKURAN PETIKEMAS YANG PANJANGNYA 20 KAKI.
433TWIN SCREW STREAMERKAPAL DENGAN BALING-BALING GANDA.
434ULLAGEJARAK DARI PERMUKAAN BARANG CAIR SAMPAI KE LANGIT-LANGIT TANGKI.
435UNBALLASTMEMBONGKAR ATAU MEMBUANG BALLAST.
436UNCOILMEMBUKA LILITAN ATAU GULUNGAN TALI.
437UNDECKMENGELUARKAN KAPAL DARI GALANGAN ATAU DERMAGA.
438UNDERTOWARUS BAWAH.
439UNDERWAYSEDANG BERJALAN.
440UNDERWRITERPENJAMIN ( PIHAK ASURANSI ).
441UNDOCKKELUAR ( TURUN ) DARI GALANGAN.
442UNFURLMEMBUKA ( LAYAR ATAU BENDERA ).
443UNHOOKMEMBUKA KAITNYA.
444UNIT OF LENGTHSATUAN PANJANG.
445UNIT OF WEIGHTSATUAN BERAT.
446UNLACEMEBUKA TALINYA.
447UNLAWFUL DEVIATIONPENYIMPANGAN (RUTE) YANG TIDAK SAH.
448UNLOADMEMBONGKAR MUATAN.
449UNMOORMEMBONGKAR JANGKAR.
450UNNAVIGABLETIDAK DAPAT DILAYARI.
k
451UNSETTLED WEATHERCUACA GOYAH.
452UNSHACKLEMEMBUKA SEGEL.
453UNSHIPMELEPASKAN ATAU MEMBONGKAR DARI KAPAL.
454UNSTUFFMEMBUKA PINTU PETI DAN MENGELUARKAN ISINYA.
455UPPER DECKGELADAK ATAS.
456UPSTREAMSEBELAH HULU.
457UPTAKESALURAN UDARA ANTARA KETEL DAN BAGIAN BAWAH CEROBONG ASAP.
458VENTILATED CONTAINERPETIKEMAS DENGAN LUBANG-LUBANG PERANGINAN.
459VERNIERTOMBOL PENGATUR YANG HALUS.
460VERY LARGE CRUDE CARRIERKAPAL YANG SANGAT BESAR UNTUK MENGANGKUT MINYAK MENTAH.
461VICE PROPEKERUSAKAN KARENA KEADAAM ALAM.
462VICE VERSAPULANG PERGI DAN SEBALIKNYA.
463VOYAGEPELAYARAN, PERJALANAN.
464WAR RISK ONLYHANYA RISIKO PERANG.
465WARNING SIGNALSEMBOYAN PERINGATAN.
466WATER LINEGARIS AIR.
467WATER TIGHTKEDAP AIR, TIDAK MASUK AIR.
468WEAR AND TEARKERUSAKAN.
469WEATHER WORKING DAYSHARI KERJA DENGAN CUACA BAIK.
470WELD ABILITYKEMAMPUAN SEBUAH LOGAM UNTUK DILAS.
471WET DOCKTEMPAT MENGEPIL KAPAL YANG TERLINDUNGI DARI PENGARUH PASANG.
472WHARFAGEBEA DERMAGA, UANG TAMBAT.
473WHARFINGERPEMILIK DERMAGA.
474WHEATER SIDESISI KAPAL DIMANA ANGIN BERTIUP.
475WHEATER TIDEPASANG SURUT YANG AKAN MEMBAWA KAPAL DENGAN LAYARNYA MENUJU KE ANGIN.
476WHEATERTIGHT DOORPINTU YANG TERLETAK DILUAR ATAU DEK ATAS YANG KEDAP AIR.
477WHIRL POOLPUSARAN AIR.
478WHOLE GALEANGIN DENGAN KEKUATAN 48 - 55 KNOT.
479WIND DIRECTIONARAH ANGIN.
480WIND DODGERPELINDUNG ANGIN.
481WIND FORCEKEKUATAN ANGIN.
482WIND SPEEDKECEPATAN ANGIN.
483WINDLASSMESIN JANGKAR, PANGSI JANGKAR.
484WINDWARDMENENTANG ARAH ANGIN.
485WING OUT WEIGHTMEINDAHKAN MUATAN KE BAGIAN SAMPING PALKA.
486WITH PARTICULAR AVERAGEDENGAN KERUGIAN KHUSUS.
487WITHOUT BENEFIT OF SALVAGETANPA KEUNTUNGAN PENYELAMATAN.
488WITHOUT PREJUDICETANPA MERUGIKAN SALAH SATU PIHAK.
489WOOD SCREWULIR ULIR KAYU.
490WOODEN BARRELTONG KAYU.
491WORKING TIME SAVEDDESPATCH DIBAYAR UNTUK WAKTU KERJA YANG DISELAMATKAN.
492WRECKAGEPECAHAN.
493YAIT TANKTANGKI YANG TIDAK DIGUNAKAN UNTUK KEPERLUAN APAPUN DAN DIBIARKAN DALAM KEADAAN KOSONG.
494YAWGERAKAN HALUAN KAPAL KEKANAN KEKIRI.
495YAWINGPERPUTARAN SEKITAR POROS TEGAK.
496YAWKEY JIB TOPSAILLAYAR SEGITIGA BERBENTUK BALON YANG DIPASANG TINGGI.
497YAWLSEJENIS KAPAL LAYAR YANG BERTIANG BESAR DAN KECIL DIBAGIAN BELAKANG.
498ZENITHTITIK ANGKASA TEGAK DIATAS SI PENILIK.
499ZEPHYRANGIN BARAT YANG PANAS DAN SEDANG.
500ZONE TIMEWAKTU STANDARD YANG DIBERLAKUKAN DILAUT DENGAN WAKTU ZONA DIMANA KAPAL SAAT ITU BERADA.
l

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk perbaikan blog dimohon untuk meninggalkan pesan dibawah ini

 

My Blog List

Site Info

Abc
DESA KERTAHAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template